Dental Floss (benang gigi)


1.      Pengertian Dental Floss (benang gigi)
Dental floss atau benang gigi sudah lama dikenal oleh masyarakat, tapi tidak semua lapisan masyarakat mengenalnya.Dental floss adalah merupakan salah satu alat bantu kebersihan kesehatan gigi yang dikenal dalam kedokteran gigi sebagai alat bantu dalam membersihkan daerah-daerah gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Dental floss berbentuk benang.
sumber photo

Dental Floss untuk membersihkan gigi selain menggunakan sikat gigi adalah dengan menggunakan dental floss yaitu semacam benang yang terbuat dari bahan sutera (biasanya sintetis).Walaupun banyak yang belum terbiasa, akan tetapi membersihkan gigi dengan dental floss dianggap lebih efektif karena dapat menghilangkan lebih dari 60 % plak gigi terutama yang tersembunyi di antara gigi dan gusi dan tidak terlihat di bagian permukaan.
2.      Manfaat Dental Floss (Benang Gigi)
Melakukan flossing juga penting untuk mencegah menumpuknya bakteri dan plak yang tak terjangkau oleh sikat gigi. Jika dibiarkan bakteri dan plak tersebut akan menyebabkan gigi berlubang. Berikut ini manfaat dental floss untuk kesehatan gigi:
a.      Mencegah terbentuknya tartar
Ketika sisa makanan menempel dan menumpuk pada gigi, biasanya kita akan menyebutnya sebagai plak. Namun ketika plak tak segera dihilangkan dari gigi, biasanya plak akan semakin menumpuk dan mengeras. Tartar lebih sulit untuk dihilangkan karena keras dan sudah menumpuk lama. Tartar juga seringkali menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis. Melakukan flossing adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan plak dan mencegah terbentuknya tartar yang terlewatkan oleh sikat gigi.

b.      Mencegah gigi berlubang.
Makanan yang menempel pada gigi atau di antara sela gigi adalah alasan terbesar gigi bisa berlubang. Melakukan flossing untuk menghilangkan makanan tersebut akan membantu mencegah sisa makanan menempel dan mencegah gigi berlubang.
c.       Mencegah bau mulut.
Ketika makanan tersisa di sekitar gigi, makanan akan membusuk dan bisa menyebabkan bau tak sedap. Ini adalah salah satu alasan seseorang memiliki bau napas yang tak sedap. Melakukan flossing akan membantu membersihkan sela-sela gigi dari makanan sisa, sehingga tak menyebabkan bau mulut.
3.      Keuntungan dan kerugian penggunaan dental floss (benanggigi)
Keuntungan :
Dental floss adalah alat yang digunakan untuk membersihkan sisa kotoran, sisa makanan di sela sela gigi, fungsinya hampir sama dengan tusuk gigi, tapi ada keuntungan lebih yang akan kita dapatkan jika kita memakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi kita. Sikat gigi saja tentu tidak akan menyelesaikan masalah, mungkin kita akan butuh benang gigi, apalagi bagi yang sering menggunakan alat yang namanya tusuk gigi, kebanyakan dokter gigi sangat tidak menganjurkannya, ada banyak kerugian saat kita memakai tusuk gigi, seperti gusi akan menjadi berdarah karena tertusuk, rusaknya jaringan gusi yang ada di sela-sela gigi dan akhirnya jadi semakin lebar area sela-sela gigi, dan makanan akan jadi sering masuk di bagian sela-sela gigi.
                        Kerugian :
Harga relatif mahal. Gusi menjadi berdarah,biasanya terjadi orang yang baru pertama kali menggunakan dental floss, Hal ini disebabkan karena sudah terjadi kerusakan minimal pada Gusi dan jaringan penyangga gigi akibat plak yang menumpuk. Jika tetap terjadi perdarahan setelah beberapa hari menggunakan Floss, disarankan untuk segera berkonsultasi ke Dokter Gigi.
4.      Cara menggunakan dental floss (benang gigi)
1)      Kaitkan atau gulung kedua ujung benang sebanyak 45 – 60 cm pada kedua jari tengah Anda.
2)      Pegang benang antara ibu jari dan jari telunjuk kedua tangan.
3)      Gunakan ibu jari Anda untuk membersihkan gigi atas Anda dengan benang ini. Gunakan jari telunjuk Anda untuk membersihkan gigi bawah.
4)      Jalankan benang dengan lembut di antara gigi Anda.
5)      Ketika Anda mencapai batas dengan gusi, lengkungkan benang menjadi berbentuk "C" sekitar gigi, dan pastikan untuk bekerja di bawah garis gusi.
6)      Dengan lembut jalankan benang atas dan bawah beberapa kali antara setiap gigi, termasuk sisi belakang gigi belakang Anda.
7)      tarik benang hingga menempel gigi saat membersihkan.
Jangan lupa gigi geraham di bagian belakang mulut Anda. Kebanyakan penyakit 
gusi dan kerusakan gigi terjadi pada bagian belakang mulut, di mana lebih sedikit 
orang yang membersihkannya. Lepas gulungan gulungan benang baru bergantian 
dari satu tangan ketangan lainnya saat Anda membersihkan, sehingga Anda selalu 
membersihkan gigi dengan bagian benang baru yang belum digunakan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian

Kalender

Recent Posts